google-site-verification: googleeeb235d8915b7e2f.html hikmah bulan ramadhan | Inspirasi dan Motivasi
Home » » hikmah bulan ramadhan

hikmah bulan ramadhan


Adakah dari kita yang tidak punya masalah ? pastinya setiap dari kita punya masalah walaupun menjawab tidak punya masalah berarti masalahnya adalah menyangkal akan masalah itu sendiri . kesulitan akan hidup di dunia, manata kehidupan sehari hari di dalam keluarga , lingkungan masyrakat baik kecil maupun yang luas yang secara tidak langsung  menjadi poros keseimbangan system kehidupan secra keseluruhan .Masalah korupsi, moral, criminal , ekonomi, agama, keadilan dan masih banyak lagi menghiasi hitamnya sebuah negri . lebih dekat di lingkungan kita bahkan didiri kita sendiri sehingga melakukan perbuatan yang pada akhirnya menjadi problem yang pelik.
"Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan bagi kamu berpuasa sebagaimana telah diwajibkan bagi orang-orang sebelummu, agar kamu bertakwa" [Al Baqarah:183] jelas dalam ayat al-quran ini bahwa kewajiban bagi kita untuk berpuasa agar kita mentaati segal perintahnya dan menjauhi semua larangannya . dan dalam sebuah hadist di katakan “Apabila bulan Ramadan tiba, pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu ditutup dan setan-setan dibelenggu”. Bukan kah ini adalah bulan yang sangat berbeda dengan bulan yang lainnya di karenakan keutamaanya yang sangat luar biasa? Siapapun pasti  menikmati suasana bulan ramadhan yang penuh dengan rahmat-Nya ini,menikmati keindahan dan kedamaiannya.
·         Mendekatkan yang jauh dan merpatkan yang dekat
Walau jauh , meski harus menyebrang lautan demi berkumpul dengan keluarga apakah itu di sahur pertama ataupun yang lainnya shaum ramadahan mendekatkan yang jauh . berkumpul teman lama dalam acara buka bersama ,ngabuburit dan tarawih keliling adalah keindahan yang tak ternilai  saling mengingatkan sahur dan memotivasi lewat media social, sms, telp dan yang lainnya.
·         Keindahan berbagi dia antara sesama
Di bulan yang suci ini penglihatan kita di penuhi oleh keindahan-keindahan kasih sayang sesama, berbagi makanan di jalanan di rumah anak yatim apakah itu kalangan intelektual mahasiswa, pekerja, pengusaha bahkan pejabat melakukannya dengan senang hati dan penuh pengharapan akan harapan-Nya.
·         Saling memaafkan
Memaafkan sebelum ibadah shaum dan saat lebaran adalah hal yang biasa. Namun, dalam ramadhan ini sering kali kita memaafkn dalam setiap keadaan dengan rasa sabar kita. Ketika kita berinteraksi tentunya banyak hal yang memicu kita untuk marah dan merasa emosional namun kita selalu memafkan semuanya walau tidak terucap tapi sabar menjadi sifat pemaaf yang tidak tergambar .
·         Lantunan ayat suci terdengar di balik dinding rumah
Bukan saja di masjid namun di setiap rumah terdengar lantunan indah al-quran di bacakan oleh semua orang yang berlomba akan rahmat yang Alloh janjikan di bulan ramadhan.
·         Setiap masjid makmur akan hambanya
Bukan secara kebetulan memang benar adanya barisan shap yang berjajar memenuhi sejadah yang ada di dalamnya berbeda di hari-hari sebelumnya setiap adzan berkumandang barisan sholat selalu penuh dengan orang-orang berpuasa.
·         Tidak Nampak kemaksiatan
Maksiatpun ikut tenggelam diantara orang-orang berpuasa mereka menjaga pandangan, menjaga lisan dan juga menjaga perilaku untuk tetap positive dan lurus .

Bulan ramadhan memang bulan yang penuh rahmat dan energy  positive bagi kita, memberikan ide dan gagasan akan masalah-masalah yang ada di kehidupan kita. masalah korupsi, moral, criminal , ekonomi dan keadilan di indonesia memang pelik dan sulit namun bulan ramadhan menjadi dorongan dan contoh bagi kita. Jika kita merasa nyaman akan keindahannya mengapa kita tidak memproyeksikan bulan ramdhan di bulan-bulan yang lainnya walaupun tidak akan sama namun boleh jadi jika di gedung DPR/lembaga pemerintahan lainnya diwajibkan untuk shaum sunnah seperti senin-kamis atau daud, sedekah dan prilaku-prilaku yang biasanya di bulan ramdhan dilakukan  maka  korupsi di Indonesia akan menurun bahkan hilang. Kemudian masalah moral,criminal, ekonomi dan keadilan juga sama karena  bulan ramadhan adalah sebuah energy bagi setiap aspek kehidupan di dunia.

0 komentar :

Posting Komentar