BAB
I
PENDAHULUAN
1.1.
Latar
Belakang
Setiap perusahaan ataupun instansi dalam perkembangannya
tidak akan pernah lepas dari permasalahan, baik itu internal maupun eksternal.
Dengan demikian, profesi Public Relations (PR) dirasakan sangat perlu
kehadirannya. PR senatiasa dijadikan sebagai ujung tombak perusahaan ataupun
instansi dalam menjalin hubungan atau relationship
yang baik dengan internal perusahaan ataupun eksternal perusahaan.
Pelaksanaan Job Training adalah sebagai
kegiatan akademis dalam mengaplikasikan pengetahuan teori ilmu komunikasi
hubungan masyarakat, yang telah termuat dalam berbagai mata kuliah yang terkait
dengan kemampuan praktis dan teknis sesuai dengan sub program studi Ilmu
Komunikasi Hubungan Masyarakat, dan diimplementasikan di setiap kegiatan
praktek lapangan sehingga mempermudah mahasiswa ketika di tempatkan dalam dunia
pekerjaan yang sebenarnya.
Teori yang telah didapatkan dalam setiap
pertemuan baik secara tatap muka maupun praktek simulasi di dalam kelas atau di
lapangan merupakan teori tentang ilmu komunikasi, pengantar hubungan
masyarakat, Public Speaking, Public
Relations Writing, hubungan internal dan eksternal, serta teori-teori yang
mencakup tentang program bidang study Hubungan Masyarakat. Teori tersebut
merupakan bekal awal atau referensi mahasiswa dalam melaksanakan Job Training.
Dalam pelaksanaan kegiatan Job Training, mahasiswa diharuskan ikut
andil secara penuh dalam melaksanakan semua aktivitas selama kegiatan dimana ia
ditempatkan. Sehingga akan menghasilkan kesinambungan antara praktek serta
aplikasi teori yang telah didapatkan selama dibangku perkuliahan.
1.2. Tujuan
Dengan adanya program kerja praktek ( Job Training )
di jurusan Ilmu Komunikasi Konsentrasi Humas UIN Sunan Gunung Djati Bandung, maka
diharapkan terbentuknya hubungan yang baik dengan MQFM 102,7 Bandung , sehingga akan memberikan
manfaat dan tujuan antara lain:
A.
Bagi Mahasiswa
1. Melatih dan
mendidik mahasiswa untuk pengaplikasian teori dengan praktik di lapangan.
2. Melatih dan
menumbuh kembangkan kemandirian mahasiswa agar disiplin, tepat waktu, serta
berkeja dengan penuh tanggung jawab dan menyelesaikan perkerjaan dengan baik.
3. Untuk
mengetahui dan memahami dengan mempelajari secara langsung pola kerja di
Institusi tempat Job Training.
B. Bagi Lembaga
Pendidikan/ Universitas
1. Untuk
mengetahui sejauh mana perkembangan ilmu yang didapat oleh
mahasiswa selama mengikuti perkuliahan untuk dipraktikkan dalam
kerja praktik.
2. Sebagai sebuah
wacana evaluasi akademik untuk terus memperbaharaui dan meningkatkan mutu dan
kualitas pendidikan, khusunya pada
bidang kehumasan .
C. Bagi Perusahaan
1. Sebagai salah
satu wujud atau bakti dan pengabdian kepada masyarakat khususnya, dalam bidang
pendidikan .
2. Menjalin
hubungan silaturahmi dengan institusi pendidikan sebagai salah satu bagian dari pihak eksternal.
1.3.
Pendekatan
(Approach) Kegiatan
Pendekatan (Approach) kegiatan yang dilakukan oleh penulis selama melaksanakan
Job Training untuk memperoleh dan
mengumpulkan data yang diperlukan dalam penyusunan laporan dan sebagai sumber
informasi ialah dengan mengamati dan meneliti secara lengsung serta melakukan
wawancara kepada pihak tertentu.
1.4.Waktu dan Tempat Kegiatan
1.4.1.
Waktu
kegiatan
Job Training
ini akan dilaksanakan 1 bulan yakni disesuaikan pada waktu semester pendek
universitas. Pada tanggal 09 sampai dengan 20 september 2013.
1.4.2.
Tempat
Kegiatan
Adapun tempat
yang dipilih sebgai tempat untuk melaksanakan Job Training adalah: MQFM 102,7 Bandung Jl
Geger Kalong Girang Baru
0 komentar :
Posting Komentar